Waspadai Penipuan Via Facebook dan Whatsapp Dengan Cara Ini

Waspadai Penipuan Via Facebook dan Whatsapp Dengan Cara Ini

Bisnis Internet Pertama – Penipuan Facebook dan WhatsApp sekarang banyak dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya, ketika Anda mendapat pesan dari seorang teman di WhatsApp, yang mengatakan bahwa membagikan tiket gratis, atau informasi tentang diskon tiket pesawat untuk maskapai tertentu dan ada pula dengan modus Anda mendapatkan hadiah ratusan juta serta lainnya. Maka Anda harus waspada akan hal ini agar tidak menjadi korban penipuan via internet. Karena itu, ketika Anda menerima pesan dari seorang teman di daftar kontak Anda mengenai hadiah atau tiket gratis. Anda biasanya akan melihat tautan yang terlihat resmi, sehingga Anda ingin mengunjungi situs tersebut.

Penipuan Facebook dan WhatsApp biasanya dilakukan dengan pesan tertulis, yang dapat berupa: Jangan lewatkan 500 tiket gratis ke Mumbai, kesempatan ini terbatas hanya untuk 100 orang pertama. Selain itu, halaman tautan dipenuhi dengan komentar dari pengguna yang tampaknya senang dengan adanya pembagian tiket gratis ini dan berbagi foto tiket yang mereka menangkan disana. Jika Anda tidak bisa waspada dengan pesan-pesan seperti ini, maka Anda kami pastikan sebagai calon korban penipuan via facebook dan WhatsApp. Tentunya hal ini tidak ingin Anda alami bukan. Nah untuk mewapadai hal ini ada beberapa info penting di bawah ini yang kami rangkum dengan baik. Sehigga memudahkan Anda untuk terhindar dari penipuan via facebook dan WhatsApp. Langsung saja simak secara lengkap info dari kami disini.

Waspadai Penipuan Via Facebook dan Whatsapp Dengan Cara Ini

  1. Modus yang dipakai penipu di Facebook dan WhatsApp

Prosedur untuk mendapatkan tiket gratis sangat sederhana. Lengkapi survei singkat (biasanya akan ada sekitar lima pertanyaan sederhana, seperti: Apakah Anda pernah ke mumbay sebelumnya? Anda berusia 18 tahun atau lebih? Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengklik tombol “Dapatkan tiket”. Namun, untuk beberapa alasan aneh, tiket yang diharapkan tidak muncul. Sebagai gantinya, tombol akan beralih ke situs lain yang akan mengirim Anda ke Situs kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Akibatnya, Anda dapat berada di situs yang menawarkan beberapa barang atau layanan yang tidak dapat dipahami. Dengan kata lain, Anda akan dialihkan ke situs pemilik palsu sehingga mereka dapat membayar untuk lalu lintas yang mereka terima. Skema seperti ini menjadi sangat umum sekarang, dan halaman palsu baru terus muncul hampir setiap hari. Penipuan di Facebook dan WhatsApp digunakan sebagai platform untuk mengirim pesan. Pengguna akan dialihkan dengan mengeklik Bagikan dan berharap mendapatkan tiket gratis.

Bahkan di Indonesia, beberapa dari Anda mungkin telah menerima serangkaian pesan yang diteruskan yang berisi informasi tentang diskon tiket pesawat, disertai dengan tautan terlampir. Untuk mengatasi penipuan whatsApp, Anda perlu presisi agar Anda tidak jatuh ke dalam penipuan dalam skenario seperti itu. Saat ini, ada banyak pesan yang didistribusikan di bawah skenario yang sama: Mumbay, Legoland, Disneyland, Air France, Europa-Park, Singapore Airlines, dan banyak lainnya. Perusahaan-perusahaan ini tidak ada hubungannya dengan tautan dalam pesan tersebut, penjahat cyber hanya menggunakan merek-merek terkenal untuk memikat orang untuk mengunjungi situs mereka.

Namun, terlepas dari perusahaan mana yang dioperasikan, semua situs teknik akan terlihat sama, bahkan topik komentar dan wajah komentator biasanya sama. Hanya logo di bagian atas halaman dan beberapa detail kecil dibuat berbeda. Mengarahkan lalu lintas ke situs teknik bukan satu-satunya skema monetisasi. Sebagai gantinya, Anda akan dikirim ke halaman situs penipuan judi online. Selain itu, Anda dapat didaftarkan ke penyedia layanan berbayar, sehingga para pelaku kejahatan dapat memperoleh manfaat. Beberapa laporan media mengatakan bahwa penipuan Facebook dan WhatsApp terjadi ketika pengguna mengklik tombol “Dapatkan Tiket”, sehingga data pribadinya telah dicuri, tetapi tidak dapat mereproduksi skrip.

  1. Cara menghindari penipuan di facebook dan whatsapp

Bagaimana Anda menghindarinya? Berikut adalah langkah-langkah yang kami sarankan untuk Anda dapat menghindari penipuan bahakan mungkin dapat Anda lacak sendiri.

Jika Anda tidak ingin berisiko kehilangan uang, data pribadi, atau apa pun, jangan pernah membuka tautan dalam pesan yang mencurigakan, bahkan dalam skenario apa pun. Ini demi keamanan Anda sendiri, sebaiknya abaikan semua hal-hal yang memang menggiurkan namun merugikan seperti ini. Jika memang benar adanya, maka hal ini akan diumumkan global dan lebh terbuka untuk umum.

Anda juga tidak boleh membaginya dengan teman atau mempostingnya di Facebook, karena itu hanya membantu penipu. Sebaiknya lebih detail dalam membaca dan membagikan sebuah postingan atau tautan. Karena ini akan berdampak buruk juga, itu bukan hanya untuk Anda namun orang lain juga. Jadi tetap bijaklah dalam menyerap sebuah informasi, terutama informasi yang menjerumuskan dan tidak memiliki data yang valid.

Jika Anda pernah menerima pesan seperti itu dari seorang teman di facebook dan WhatsApp atau melihat tautan tiket gratis yang tidak jelas, Anda harus segera memberi tahu pengirim bahwa informasi itu curang untuk menghindari penyebaran yang lebih luas.